Dongeng untuk Anak Asuh YMI Pemalang



Dongeng dan bercerita menjadi bagian tak terpisahkan dari kurikulum TPA Munashoroh. Agar anak-anak bisa lebih cepat dan mudah memahami seluk beluk kehidupan, dalam kemasan yang menarik dan menggugah cara berpikir, dongeng menjadi salah satu andalan untuk menumbuhkan kreatifitas anak-anak. YMI Pemalang menyelenggarakan secara khusus dongeng untuk anak-anak asuh sebagai bagian dari pengajaran dan pendidikan.

Demikian disampaikan oleh Ketua YMI Pemalang, Ponirin setelah serangkaian kegiatan mendongeng dilaksanakan. “Anak-anak asuh yang biasanya sehari-hari bergelut dengan aktifitas belajar Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an, sekarang sangat antusias mengikuti dongeng Kak Yayan,” ujar Ponirin.

Anak-anak yatim dhuafa binaan YMI Pemalang ini usianya masih belia, rata-rata berusia 6-12 tahun, hanya ada beberapa yang sudah SMP. “Dengan usia seperti itu, anak-anak memang masih masanya bermain-main, metode pengajarannya pun perlu diberikan dalam bentuk permainan, dongeng adalah salah satunya,” jelas Pemuda yang akrab dipanggil Sipon ini.


Tinggal dilokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota, serta jauh dari akses pendidikan tinggi, tidak membuat anak-anak ini patah semangat, mereka punya cita-cita besar. “Beberapa anak asuh yang ditanya punya cita-cita apa, diantara mereka ada yang menjawab mau jadi dokter, guru, bidan dan insinyur, dengan dongeng ini kita berusaha menggali keinginan mereka sehingga kelak ketika dewasa mereka punya kemauan kuat untuk menjadi orang sukses,” ungkapnya.

Saat ini, YMI Pemalang mengelola lebih dari 100 anak asuh yang dibina dan diberdayakan di TPA. Untuk mengelola anak-anak sebanyak itu, Sipon tidak sendirian, dia menerapkan sistem mengajar berantai, anak-anak yang sudah agak besar (SMP-SMU) mengajarkan yang masih kecil, minimal mengontrol dan mengaturnya. “Dengan cara seperti ini, anak-anak belajar bertanggungjawab, agar dikemudian hari mereka siap dengan tugas-tugas yang lebih berat, belajar dari sekarang,” pungkasnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995

0 Response to "Dongeng untuk Anak Asuh YMI Pemalang"

Post a Comment