Di Desa Nyamplung Sari, YMI Pemalang Rayakan Qurban dengan Sederhana



Nun jauh disana. Diujung Kabupaten Pemalang, persis bersebelahan dengan pantai utara Jawa. Ada sebuah desa bernama Nyamplung Sari yang dihuni ratusan kepala keluarga, dimana profesi utamanya adalah nelayan. Desa Nyamplung Sari, yang terletak di kecamatan Petarukan, memang jauh dari keramaian kota. Setiap hari raya qurban, sulit menemukan penduduk yang mampu berqurban.

Demikian pun pada hari raya qurban tahun 2016 ini. Setelah berjuang keras mensosialisasikan, menginformasikan dan mempublikasikan program qurban di pelosok desa, YMI Pemalang akhirnya bisa menyembelih hewan qurban bersama anak-anak asuh.

“Ada 4 ekor kambing yang kami potong tahun ini, Alhamdulillah,” ujar Ketua YMI Pemalang Ponirin.

Pemuda yang akrab dipanggil Sipon ini mengungkapkan bahwa memang di Desa kami ini sangat jarang warga yang mampu berqurban, “Paling hanya 1 atau 2 ekor kambing qurban yang biasanya kami potong tiap hari raya qurban, bila tahun ini dapat 4, berarti ada peningkatan,” jelasnya.

Saat ini di TPA yang dikelola Sipon dan rekan-rekan remaja desa, diikuti oleh lebih dari 125 anak, yang mayoritas dhuafa. “Mereka kita ajari konsep-konsep dasar aqidah Islam dan tata cara ibadah, ini yang kita prioritaskan di awal,” ungkapnya. Saat hari raya qurban ini, semua anak-anak asuh diajak untuk berkontribusi merayakan qurban meski hanya membantu hal-hal yang kecil, seperti membawakan peralatan masak (sendok, garpu, dll) atau memanggil ibu-ibu yang belum hadir membantu proses memasak. “Yang penting berkontribusi,” ujarnya.

Setelah menyembelih qurban dari pagi hingga sore hari. Warga desa baik ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak asuh ikut merasakan daging qurban hasil masakan ibu-ibu. Tetap harus bergembira di hari raya, seberapapun kita mendapatkan rezeki dari Yang Maha Kuasa.

“Kita rayakan qurban dengan sederhana saja, sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT,” ujarnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…. CP : 0838.0453.7995 (WA) / 0822.1109.2410 (Telp/SMS)

0 Response to "Di Desa Nyamplung Sari, YMI Pemalang Rayakan Qurban dengan Sederhana"

Post a Comment