Hal Penting Saat Mengasuh Anak



Menjadi orang tua bagi anak-anak sendiri tentu adalah dambaan setiap orang. Saat Allah SWT memberi amanah berupa anak-anak kepada kita, disitu bermula tugas baru, suasana baru, beban baru sekaligus kebahagiaan yang hanya dapat dirasakan oleh mereka yang diberikan rezeki berupa anak. Inilah yang dinanti sejak awal berumah tangga.

Ketika belum lahir, anak selalu menjadi sosok yang dinantikan kehadirannya. Saking besar hasratnya, banyak pasangan berobat demi mendapatkan anak. Namun kondisi berbalik, saat anak lahir justru banyak orang tua yang mengabaikannya demi mengejar obsesi lain. Sibuk mencari harta, atau jabatan penting yang lebih tinggi.

Mengasuh anak, bukan seperti memelihara hewan piaraan. Dikasih makan lalu selesai begitu saja, tanpa menyapa jiwa dan hatinya. Orang tua cenderung lebih suka bersusah payah memenuhi kebutuhan materi anak, namun mengabaikan kebutuhan hati dan ruhaninya. Akhirnya, anak tumbuh tanpa kepribadian.

Banyak hal penting yang sering dilupakan orang tua saat mengasuh anak. Mari kita lihat apa saja itu.
1). Ketika anak dirundung masalah, baik dengan teman di lingkungan rumah atau kawannya di sekolah. Saat ini terjadi, seringkali orang tua justru tak ada disampingnya. Akhirnya, mereka justru mengadu kepada pembantu, atau satpam di sekolah, atau tetangga sebelah rumah. Bukan mendapatkan solusi, tapi bisa semakin terjerumus akan permasalahan-permasalahan baru.

2). Ketika anak menunjukan prestasinya di sekolah. Tentu saja ia berharap orang tuanya hadir menyaksikan dan memberikan pujian padanya. Terkadang, saat seperti ini orang tua justru sedang sibuk dengan segudang perkara dan aktifitasnya. Akhirnya, anak merasa jadi yatim sebelum kenyataannya.

3). Ketika anak mencoba datang ke masjid untuk melaksanakan shalat. Namun dasarnya memang anak-anak, insting bermain dan bercandanya masih sangat melekat. Sayangnya, saat seperti ini orang tua justru membentak dan mencubitnya. Tentu hati mereka menjadi sakit, lalu menjauhi masjid.

4). Ketika anak butuh kawan bercerita. Orang tua yang gagal mengemas waktunya untuk anak pada saat-saat seperti ini, akan membuat anak mencari orang lain. Bisa jadi orang lain itulah yang kemudian jadi pacarnya, karena mau mendengar curhatnya, menyimak permasalahannya hingga membelai tangannya. Seks bebas, sangatlah mungkin bermula dari hal-hal seperti ini.

Mari kita jadikan renungan sebentar saja, namun akan sangat berharga untuk anak kita, serta kemuliaan dan kehormatan keluarga kita. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa
CP : 0838.0453.7995

0 Response to "Hal Penting Saat Mengasuh Anak"

Post a Comment