Awali Tahun 2016, Munashoroh Kuningan Kembangkan Manajemen Lebih Efisien

Tetap semangat untuk terus berbagi. Di awal tahun 2016 ini, Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) cabang Kuningan, Jawa Barat memulainya dengan manajemen yang lebih rapi dan efisien. Sadar akan medan wilayah kabupaten Kuningan yang berbukit-bukit dan jalanan yang rusak, kini dengan jumlah personil yang lebih sedikit YMI Kuningan justru bisa bekerja lebih efisien dalam pengelolaan anak-anak yatim binaan YMI.

Di Kabupaten Kuningan, YMI memiliki 3 desa binaan, yaitu desa Kertawana, desa Luragungtonggoh dan desa Cipondok. “Masing-masing desa ini sangat jauh dari sekretariat cabang YMI dan tempat tinggal kami, sehingga untuk menyalurkan bantuan dari donatur perlu waktu dan tenaga yang ekstra,” ujar Dian, Ketua YMI Cabang Kuningan.

Dituturkan, untuk ke desa Cipondok saja, jarak dari sekretariat cabang YMI Kuningan hingga masuk ke desa tersebut harus menempuh waktu 1 hingga 1,5 jam dengan jalanan yang sering rusak terutama saat musim hujan. “Itu belum termasuk naik turun gunung yang biasanya saya lalui dengan motor saya,” ungkap Dian.

Namun kini, dengan hadirnya beberapa Bank beserta ATM-nya di gerbang masuk desa tersebut, Dian bersama kawan-kawan YMI Kuningan tidak perlu lagi mengantar uang santunan untuk anak-anak yatim. “Guru ngaji disana juga sudah kami latih bagaimana menggunakan ATM dan melakukan pelaporan,” ujarnya. Kecuali bantuan yang berupa barang, kini dana orang tua asuh bisa langsung dikirim via Bank, dan pelaporannya bisa dikirim via pos, dimana kantor pos desa dapat ditempuh dalam waktu 25 menit dengan berjalan kaki dari tempat ngaji anak-anak di desa Cipondok. 

“Di 3 desa itu, guru-guru ngaji dan perwakilan pengurus YMI sudah kami berikan semacam pelatihan manajemen untuk membuat laporan, memfoto dan mendokumentasikan kegiatan, serta mengirimnya ke kantor pusat YMI di Jakarta,” pungkas Dian.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa

0 Response to "Awali Tahun 2016, Munashoroh Kuningan Kembangkan Manajemen Lebih Efisien"

Post a Comment