Bangun TPA, Munashoroh Pemalang Siap Mengasuh Anak Hingga Mandiri



Orang tua yang miskin melahirkan anak-anak yang miskin. Begitu kenyataan yang seringkali kita saksikan. Pembangunan yang tidak merata, Infrastruktur yang hanya dinikmati segelintir orang, Anggaran Negara yang hanya berputar dikalangan elit dan pejabat, mengakibatkan distribusi pendapatan makin lebar, tingkat kesejahteraan makin senjang, yang kaya makin kaya, yang miskin makin melarat.  

Di desa Nyamplung Sari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) menggulirkan program orang tua asuh anak yatim desa, yaitu 1 (satu) orang tua di kota menyekolahkan dan mengasuh 1 (satu) anak yatim dhuafa di desa, hingga anak tersebut mandiri. Program yang sudah berjalan di 19 pelosok desa lainnya di tanah air sejak tahun 2010 ini diharapkan bisa memutus rantai kemiskinan tersebut, agar anak-anak yang terlahir dari keluarga miskin, dapat mengenyam pendidikan dengan peluang yang sama dengan anak-anak yang terlahir dari keluarga kaya. Anak-anak yang terlahir dari keluarga miskin, juga mendapatkan gizi, nutrisi, kesehatan yang tidak jauh berbeda dengan anak-anak yang berkecukupan pada umumnya.

Setiap bulan, anak-anak yatim dhuafa di pelosok desa mendapatkan bantuan dana Rp.40.000 dari orang tua asuh mereka, yang akan digunakan untuk sekolah, membeli buku pelajaran, ongkos transportasi pulang-pergi ke sekolah, hingga untuk tambahan nutrisi anak-anak desa. Di desa Nyamplung Sari ini, sudah berjalan selama 4 bulan program anak asuh YMI, Alhamdulillah anak-anak yang putus sekolah, mau disekolahkan kembali dan bersemangat dalam belajar dan mengaji.

Di desa ini juga telah berdiri TPA (Tempat Pendidikan Al-Qur’an) yang menjadi tempat mengaji anak-anak dhuafa dari seluruh desa, anak-anak tidak perlu bayar untuk mengaji, karena sudah dibiayai dari orang tua asuh mereka di kota. Setiap akhir tahun ajaran baru, anak-anak dhuafa juga Insya Allah mendapatkan buku-buku dan alat tulis sekolah, baju seragam sekolah, sepatu, tas dan lain sebagainya agar mereka bersemangat sekolah untuk menjadi anak mandiri dan lepas dari jeratan kemiskinan. Amin Ya Allah.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa
Program Anak Asuh (Phone : 0838.0453.7995)

0 Response to "Bangun TPA, Munashoroh Pemalang Siap Mengasuh Anak Hingga Mandiri"

Post a Comment