Sedekah Itu, Banyak Manfaatnya Untuk Diri Sendiri


Seringkali kita malas bersedekah, karena takut harta kita berkurang. Atau merasa sedekah tidak banyak memberi manfaat untuk diri sendiri (lebih banyak manfaatnya untuk orang lain). Sesungguhnya ini pemahaman yang keliru. Sedekah justru banyak memberi manfaat bagi si pemberi sedekah.

Apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama.
Sedekah Itu Menyempurnakan Iman
Bila seseorang terus melaksanakan sedekah, dapat dipastikan iman orang tersebut sedang meningkat. Sulit ditemukan orang yang bersedekah dalam keadaan tidak beriman dibanding mereka yang sedang ingin menyempurnakan imannya. Orang yang semakin meningkat imannya, akan merasakan ketentraman jiwa, dan tenang terhadap kondisi dan permasalahan apapun. Sedekah memberikan seseorang rasa aman, karena tidak ada orang yang memberikan hartanya untuk orang lain yang membutuhkan dengan tidak mendapatkan balasan yang baik pula.

Sedekah Itu, Menghindarkan Seseorang  Dari Api Neraka
Agar terhindar dari api neraka maka sebaiknya bersedekah. Hal ini sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Attaubah ayat 34-35, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

Orang yang bersedekah, akan menjadi orang yang disukai
Tidak ada orang yang ikhlas bersedekah kemudian dibenci oleh orang lain. Sebaliknya, orang yang gemar bersedekah akan sangat dicintai oleh masyarakat, khususnya mereka yang menerima sedekah tersebut. Dia akan menjadi panutan, tokoh dan orang yang tidak akan dilupakan jasa-jasanya, bahkan bila ia sudah wafat sekalipun. Dengan izin Allah SWT, sedekah juga akan menjauhkan diri dari perbuatan hina, terhindar dari orang jahat, mendapatkan kebaikan dari orang lain, dan nantinya akan mendapatkan sesuatu yang tidak kita duga-duga saat kita membutuhkan sesuatu itu. Insya Allah.#

0 Response to "Sedekah Itu, Banyak Manfaatnya Untuk Diri Sendiri"

Post a Comment