Bersedekah Dengan Seluruh Hartanya


Dalam perang Tabuk, Rasulullah SAW tercengang saat Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a menyerahkan seluruh hartanya sebagai sedekah untuk jihad di jalan Allah. Rasul langsung bertanya, ”Wahai Abu Bakar, apa (harta) yang engkau tinggalkan untuk istri dan anak-anakmu?” Abu Bakar spontan menjawab (Jawaban ini pun menjadi sangat fenomenal) : ”Aku tinggalkan Allah dan Rasul-Nya.”

Begitulah para sahabat terbaik Rasulullah mengajarkan kepada kita dengan sangat sempurna. Meski sudah menyedekahkan seluruh hartanya, tidak pernah terdengar bila Abu Bakar dan keluarganya kelaparan, mengemis, atau kekurangan harta. Justru sejarah mencatat Abu Bakar sebagai salah satu orang terkaya di negeri Arab.

Lain kisah Abu Bakar, lain pula cerita seorang teman, yang menahan hartanya untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan sedekah, karena khawatir hartanya akan berkurang jika terus menerus bersedekah. Dia memang sudah mengeluarkan zakat dan sedekahnya, namun ketika dia diminta untuk mengeluarkan lagi sedekahnya, dia mengatakan, “Wah nanti uang saya semakin berkurang, nggak bisa beli baju nih, apalagi sebentar lagi lebaran.”

Beberapa hari setelah itu, ternyata ia 'dipaksa' untuk mengeluarkan uang secara tak terduga. Kali ini dia tidak dapat menolaknya. Handphone-nya rusak, tersiram air ketika hujan deras. Handphone itu ada disaku celananya, dia lupa menaruhnya kedalam tas. Uang Rp.100.000 pun 'terpaksa' dikeluarkan untuk biaya service.

Sedekah. Tak sembarang orang mau melakukannya. Berbahagialah bila anda masih bisa bersedekah, dan terus menerus melakukannya. Memang, ketika bersedekah, yang dirasakan pertama kali adalah jumlah harta akan berkurang. Ini perhitungan matematis. Namun seperti layaknya investasi, jumlahnya pasti akan bertambah nanti. Sebagaimana janji Allah SWT yang akan menyuburkan sedekah. Maka tak heran bila ada teori yang lahir dari ungkapan spontan masyarakat, “Kalau mau cepat kaya, maka perbanyaklah sedekah.”

Mari kita perhatikan juga sabda Rasulullah SAW,”Dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda Tidak akan berkurang harta karena sedekah...” (HR. Muslim)

Itulah mengapa tak pernah ada orang kaya yang jatuh miskin karena kebanyakan sedekah. Yang ada adalah orang miskin yang nggak pernah kaya karena jarang bersedekah, atau orang kaya yang bangkrut karena kikir dan malas bersedekah. Wallahu a'lam Bishowab.

0 Response to "Bersedekah Dengan Seluruh Hartanya"

Post a Comment