Menanam Pohon Termasuk Amal Jariyah

Pohon adalah salah satu nikmat Allah SWT yang diberikan kepada manusia dan makhluk lainya. Berjuta jenis tumbuhan yang Allah ciptakan untuk manusia di bumi, berbagai manfaat yang bisa di ambil dari tumbuhan tersebut. Seperti hewan-hewan herbivora yang mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan tersebut, naik batangnya atau pun buahnya. Baik yang hidup di darat, udara, dan laut, jenis hewan herbivora sangat membutuhkan tanaman-tanaman yang menjadi konsumsi setiap harinya.  

Manusia pun juga sangat membutuhkan pohon, karena dari pohon banyak sekali diambil manfaatnya, mulai dari batangnya untuk perkakas kehidupan sehari-hari, daunnya untuk ternak, apalagi buah-buahnya yang bisa dimakan oleh setiap orang.

Para ahli agama menyatakan bahwa sedekah jariyah memiliki banyak macam dan jalannya, seperti membuat sumur umum, membangun masjid, membuat jalan atau jembatan, menanam tumbuhan baik berupa pohon, biji-bijian atau tanaman pangan, dan lain sebagainya.

Jadi, menghijaukan lingkungan dengan tanaman yang kita tanam merupakan sedekah dan amal jariyah bagi kita -walau kita telah tiada- selama tanaman itu tumbuh atau berketurunan. Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ


“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Kitab Al-Muzaro'ah (2320), dan Muslim dalam Kitab Al-Musaqoh (3950)]
Dari hadits diatas umat Islam dianjurkan untuk menanam tanaman yang berguna untuk manusia dan hewan. Apabila telah berbuah dan dimakan oleh manusia maupun hewan, maka akan mendapatkan pahala sedekah dari buah yang dimakan itu sekalipun buahnya dicuri. “ Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tiada seorang muslim pun yang menanam tanaman, kecuali apa yang dimakan dan yang dicuri dari tanaman tersebut, baginya adalah pahala sedekah; apa yang dimakan oleh binatang, baginya adalah pahala sedekah; dan apa yang dimakan burung dari tanaman tersebut adalah pahala sedekah. Pahala tersebut tidak dapat dikurangi oleh seorang pun dan baginya (penanam) pahala sedekah. “ (H.R. Muslim)

Maka sungguh benar bahwa Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, ajaran yang membawa kebaikan bagi seluruh alam. Kita bisa memberikan banyak manfaat dari pohon yang kita tanam, baik untuk orang lain maupun hewan-hewan yang memakan buahnya.

0 Response to "Menanam Pohon Termasuk Amal Jariyah"

Post a Comment