Apa Motivasi Kita Mencari Rejeki ?

Dalam bekerja dan mencari rejeki, setidaknya ada 3 jenis motivasi seseorang, yakni :
 
1.      Motivasi Materi (Uang)
Inilah dorongan kebanyakan orang, cari duit, dapat keuntungan, supaya bisa makan, beli baju baru, rumah mewah, mobil, dan sebagainya. Intinya adalah sekedar untuk memenuhi kebutuhan fisik semata. Ini disebut juga motivasi kebendaan, Al-Quwwah Al-Madiyyah.
“Barang siapa menjadikan dunia sebagai obsesinya, Allah SWT memecah belah urusannya, menjadikan kefakiran didepannya, dan dunia tidak datang kepadanya kecuali sebatas yang telah ditentukan baginya.” (HR. Ahmad).
 
2.      Motivasi Emosional
Ada juga orang yang bekerja atau berusaha/berbisnis karena dorongan emosi, seperti ingin dihargai, dipandang, tidak ingin dilecehkan, tidak mau dihina, dan sebagainya. Motivasi seperti ini disebut Al-Quwwah Al-Ma’nawiyyah. “Sesungguhnya perbuatan itu bergantung pada niatnya.” (HR. Bukhari Muslim).
 
3.      Motivasi  Spiritual
Motivasi ini muncul karena adanya dorongan kesadaran bahwa bekerja mencari rejeki ada hubungannya dengan Allah SWT, bukan sekedar supaya dapat uang atau harga diri, tapi lebih dari itu semua. Dengan motivasi ini, seseorang akan siap melakukan apa saja dan berkorban apapun asalkan Allah SWT ridho kepadanya. Inilah motivasi tertinggi, Al-Quwwah Arruhiyyah.
“Sesungguhnya ada sebagian dosa yang tidak bisa terhapus oleh puasa dan sholat.” Ditanyakan ke beliau SAW, “Apa yang bisa menghapusnya ya Rasulullah?” Kemudian Rasulullah SAW menjawab, “Bekerja mencari nafkah kehidupan.” (HR. Abu Nuaim). Dalam hadits lain disebutkan, “Pebisnis yang jujur dan terpercaya akan bersama-sama dengan Nabi, Shiddiqin dan para Syuhada.” (HR Tirmidzi).
 
-----------

0 Response to "Apa Motivasi Kita Mencari Rejeki ?"

Post a Comment