Pesan Direktur Munashoroh Indonesia Menyambut Ramadhan

10 Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan
Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Untuk menyegarkan ingatan kita akan anjuran di bulan suci Ramadhan, mari kita simak 10 amalan sunnah di bulan Ramadhan. 

1.        Mengakhirkan makan sahur
Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu`, ”Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan buka puasa dan mengakhirkan sahur.” (HR Ahmad: 1/547)
Dari Abi Said al-Khudri RA, “ Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air.  Sesungguhnya malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur. (HR Ahmad: 3:12)

2.    Menyegerakan Berbuka Puasa
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW berbuka dengan rutbaat (kurma segar) sebelum beliau shalat, apabila tidak ada maka dengan beberapa tamar (kurma) dan apabila tidak ada, beliau meminum air. (HR Abu Dawud, Hakim dan menshahihkannya serta Tirmidzi meng-hasankannya).

3.    Membaca Al Qur’an
"Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf. " (HR. At-Tirmidzi, katanya hadits hasan shahih).

4.    Shalat tarawih
“Barangsiapa sholat tarawih dengan dilandasi keimanan dan mengharap pahala dari Alloh maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhori dan Muslim).

5.    Meninggalkan perkataan kotor
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Berpuasa bukan hanya (menahan) dari makan dan minum, sesungguhnya berpuasa dari lagwun (perbuatan yang sia-sia) dan rofats (perkataan yang kotor)”. ( HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Hakim).

6.    Memperbanyak Sedekah
“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Dia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Dia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al-Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

7.    Memperbanyak Doa
Doa orang berpuasa adalah salah satu doa yang paling mustajab. Dalam kondisi seseorang berpuasa, apalagi jika yang berpuasa itu bukan hanya panca inderanya, akan tetapi juga hatinya ikut berpuasa maka doanya akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Karena salah satu sebab dikabulkannya doa adalah bersihnya hati kita sehingga cahaya doa dapat langsung menembus Arys dan didengar serta dikabulkan oleh Allah SWT.

8.    Menyibukan diri Dalam Kebaikan
Bulan Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah ‘rekening’ pahalanya di sisi Allah SWT. “Amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.” (HR.Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

9.    Memberi Makan Kepada Orang yang Berpuasa Dan Menjalin Silaturahmi
“Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (HR Bukhari dan Muslim).

10.  Beri‘tikaf
Aisyah RA berkata, ”Bila telah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi SAW menghidupkan malam, membangunkan keluarganya (isterinya) dan meninggalkan isterinya (tidak berhubungan suami isteri).(HR Bukhari dan Muslim).

Adhi Azfar
Direktur Munashoroh Indonesia

0 Response to "Pesan Direktur Munashoroh Indonesia Menyambut Ramadhan"

Post a Comment