Program Kejar Paket A,B,C di Pelosok Desa

MENGURANGI ANGKA PUTUS SEKOLAH ANAK YATIM   

Rumah Berbagi YMI : Sekolah Kejar Paket Anak Asuh
Untuk menjawab persoalan banyaknya anak-anak putus sekolah di desa terpencil, Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) telah mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kampung Bebulak, Desa Marga Mulya, Kec.Mauk, Tangerang, Banten.

Selain masalah sarana penunjang pendidikan yang tak terjangkau seperti beli buku, tas, alat tulis dan sepatu, persoalan-persoalan seperti jauhnya lokasi sekolah, masalah usia yang sudah terlalu lama putus sekolah dan terlambat meneruskan sekolah lagi, serta alasan harus membantu orang tua mencari nafkah, diakui oleh Ketua YMI Cabang Tangerang Abdul Aziz, sebagai penyebab anak-anak di desa terpencil putus sekolah.

“Diharapkan dengan adanya PKBM ini bisa menjadi wadah pendidikan nonformal dengan berbagai program kegiatan pembelajaran masyarakat,” ujar Abdul Aziz. Saat ini PKBM Munashoroh di Tangerang sudah membuka program Kejar Paket A, B, dan C yang diikuti oleh 16 anak putus sekolah. Program ini memberi kesempatan bagi anak-anak di desa-desa terpencil yang putus sekolah (dengan alasan tertentu) untuk melanjutkan pendidikannya setara dengan pendidikan formal SD, SLTP, dan SLTA.

“Karena tujuan dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, maka kegiatan di PKBM bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan masyarakat di sana,” imbuhnya. Ke depan PKBM ini diharapkan bisa menjadi pusat pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang pendidikan, sosial, ekonomi serta budaya di wilayah tersebut. #

0 Response to "Program Kejar Paket A,B,C di Pelosok Desa"

Post a Comment