Profil Anak Asuh Terbaik (Utama) Munashoroh

Adah Sa’adah, Berjuang Tanpa Kasih Sayang Ayah
 

Nama lengkapnya Adah Siti Sa’adah. Lahir 5 menit setelah kakak kembarnya yang bernama Idah Siti Sa’idah, pada tanggal 12 Juli 1997 di sebuah desa bernama Kalimanggis Wetan Blok Ciluwuk, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Adah (begitu panggilannya) bersama kelima saudaranya, dibesarkan oleh ibunya seorang diri. Sang Ayah telah dipanggil Allah SWT sejak Adah masih kecil.

Praktis, sejak kecil ia tak lagi merasakan bagaimana kasih sayang seorang Ayah. Belaian seorang Ayah, hanya bisa Adah bayangkan dan mimpikan.

Kondisi ekonomi keluarga yang semakin berat telah memaksa Ibunya Adah merantau ke Jakarta. Sang Ibu mencoba peruntungan dengan membuka warung nasi di Jakarta dengan penghasilan rata-rata sekitar Rp.500.000/bulan.  Dengan pendapatan yang pas-pasan itu, sang ibu mengais rejeki untuk menghidupi keenam anaknya.

Di usianya yang kini menginjak 15 tahun, Adah tumbuh menjadi gadis yang cantik dan cerdas. Meski tidak ada orang tua dirumah yang membantunya mengajari pelajaran-pelajaran sekolahnya, tidak menjadikan Adah  bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Di sekolahnya, SMP Islam Al-Barokah, Adah termasuk siswa yang pintar. Ketika lulus dari SMP bulan Juli 2012 kemarin, Adah menjadi Juara Umum ke-2 di sekolahnya.

Tidak hanya berhasil di sekolah formal, Adah juga tumbuh menjadi gadis yang sholehah. Sepulang sekolah, Adah tak pernah lupa mengikuti program Tahfidz qur’an, sebagai bagian dari program Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) untuk Anak-anak asuh. Hingga saat ini, Adah telah hafal semua surat dalam Al-qur’an Juz 30.
           
Tak hanya itu, gadis yang bercita-cita menjadi Guru ini juga sudah hafal surat Al-Mulk, Al-Waqiah dan surat Yasin. Saat wawancara dengan pengurus YMI, “Saya bisa hafal karena terbiasa, tidak ada tips khusus Mbak,” ujar Adah.

Karena sederetan prestasi itulah, tahun 2012 ini, Adah dinobatkan menjadi anak asuh YMI terbaik Utama, dari 251 anak asuh Munashoroh yang tersebar di pelosok desa terpencil di Pandeglang, Tangerang, Sukabumi, Bekasi, Cirebon, Kuningan dan Purwakarta. #

0 Response to "Profil Anak Asuh Terbaik (Utama) Munashoroh"

Post a Comment